Proses Produksi

Proses produksi adalah langkah pembuatan produk dari gambar atau desain terpilih yang kemudian diwujudkan dalam produk nyata atau meniru prototipe yang telah ada. Proses produksi melalui berbagai langkah-langkah unutuk mendukung produksi dengan baik. Mulai pemilihan bahan kayu, pembelahan kayu sehingga menjadi komponen-komponen, pengemalan kayu untuk dipotong dengan gergaji sesuai dengan ukuran yang ada pada gambar, penghalusan permukaan kayu sebelum dirakit atau assembling, pembuatan konstruksi untuk mendukung kekuatan produk furniture, perakitan komponen-komponen sesuai dengan gambar atau desain yang ada. Langkah-langkah demi langkah dilakukan dengan ketelitian untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pengecekan sekiranya dilakukan agar komponen-komponen yang digunakan tidak keliru dengan komponen untuk produk lain.

Setelah melalui beberapa langkah sampai assembling produk, selanjutnya melakukan proses finishing yang sangat menentukan tampilan terakhir produk yang diminta, memulainya dengan penghalusan dengan amplas kayu secara teratur, pelapisan warna dasar, pelapisan warna akhir sampai selesai.

Berbagai langkah-langkah dalam proses produksi memerlukan waktu yang cukup lama. Pemilihan bahan kayu, pembelahan kayu menjadi berlapis-lapis dan proses pengeringannya memerlukan waktu tidak sebentar. Pembuatan komponen, perakitan sampai proses finishing juga memerlukan waktu yang cukup lama. Faktor cuaca menjadi hal utama dalam proses produksi, untuk pengeringan bahan kayu dan pengeringan cat pada proses finishing.

Untuk mendapatkan hasil yang bagus selain melalui proses produksi dengan baik, faktor SDM juga mempengaruhi dalam melakukan proses tersebut, ketilitian dan ketrampilan menjadi penentu produk tersebut manjadi bagus sesuai dengan kriteria-kriteria yang diinginkan pada desain atau produk yang diminta.

2 thoughts on “Proses Produksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *