Gazebo Dan Rumah Kayu

Gazebo adalah suatu fasilitas yang berada di ruang terbuka yang biasa digunakan untuk berkumpul bersama anggota keluarga atau teman berada di taman atau tempat terbuka diluar ruangan untuk menikmati udara luar yang asri dan alami. Gazebo berasal dari bahasa inggris “Gaze” yang memiliki arti kata memandang dan “ebo” (latin) yang artinya keluar, sehingga bisa diartikan memandang keluar. Di Indonesia fasilitas tersebut banyak berada di kampung yang biasa masyarakat dengan menyebutnya angkruk, gubuk (jawa), saung (sunda), dengan bahan kayu atau besi dengan atap dari genteng tanah liat atau ilang yang dirajut menjadi sebuah anyaman untuk menahan air hujan atau panas matahari, bisa juga atap dari kain yang tebal.
Taman atau tempat wisata begitu indah dengan adanya gazebo , ataupun penginapan dengan bahan kayu
dengan model tradisional menumbuhkan nuansa eksotik nan asri. Kesan tradisional begitu melekat dilingkungan sekitar dikombinasi dengan kehidupan milenia sekarang ini, nilai adat istiadat begitu terasa adanya bangunan tersebut. Si empunya seolah ingin menampilkan kesan kembali ke masa lalu
Rumah tradisonal dengan bahan utama kayu dengan atap ilalang terasa adem di dalamnya. Kayu-kayu keras dn kuat sebagai bahan utama rumah ini, seperti kayu jati, kayu bangkirai, kayu kelapa (glugu). Dengan kualitas kayu yang bagus akan memberi kualitas dan keawetan yang lama.